Karena… Cinta dan keinginan untuk memiliki tidaklah sama


Sebuah QN seorang teman muncul dengan kalimatnya Habiburrahman El-Shirazy dalam Ayat-ayat Cinta, mengingatkanku pada sekitar pertengahan tahun 2008 saat menonton Film-nya yang ternyata tidak sebagus bukunya, meski begitu… tentu saja dari film-nya masih ada banyak hal baik yang mengandung hikmah.



“Aku baru menyadari bahwa antara Cinta dan Rasa Ingin Memiliki itu tidak sama.
(Maria, dalam Ayat-Ayat Cinta)”

Lama aku merenungi kalimat tersebut… Maknanya dalam sekali.

Kenapa cinta dan keinginan untuk memiliki itu tidak sama? Karena Cinta adalah energi yang bisa ditransformasikan kedalam berbagai bentuk, tidak melulu berwajah kekasih, pasangan, soulmate atau wajah lain sejenis, tapi ia mampu berubah menjadi sahabat, saudara, keluarga dll. Sedangkan “Keinginan Memiliki” hanya dimiliki salah satu wajah cinta, yaitu: kekasih (suami/istri).

An image of Sweet Disposition’s from here



Adalah suatu hal yang wajar ketika seorang pria mencintai wanita (begitu pula sebaliknya), mereka ingin saling memiliki dalam ikatan pernikahan, ingin hidup bersama, berbagi gelak tawa dan desah duka sepanjang hayat, mencinta, menjaga, mendukung, merawat hingga senja usia, hingga pertemuan di Syurga…

Tapi… Saat Tuhan tidak menggariskan jalan perjodohan atas keduanya…
Saat Tuhan hanya menjadikannya sebagai episode lain dalam hidup yang harus dilalui…
Hanya menjadikannya persinggahan sementara, bukan tempatnya menambatkan perahu hati??

Saat itulah Cinta “terpaksa” harus meleburkan dirinya kedalam bentuk lain bersama partikel cinta lain, mungkin akan terasa sulit, pasti akan terasa berat, tapi perlahan ia akan berubah menjadi bentuk cinta yang lain dan pada saatnya nanti semua akan baik-baik saja, pasti.

Cinta yang sudah berubah bentuk tadi dan keinginan memiliki sudah harus terpisah, bukan satu kesatuan lagi.

Mungkin begitulah kenapa cinta dan rasa ingin memiliki itu berbeda.


An image of Overjoy’s from here

Wallaahua’lam

al-faaqirah ilaa afwi Rabbihaa…

Utan Kayu, Awal Agustus 2010
Sambil mendengarkan lagu ini


Untuknya, untukku, dan untuk kita semua yang mencinta…
Untuk kita yang tak pernah tahu apa yang terjadi di masa depan!

Just stay there
Cause I’ll be comin’ over
While our bloods still young
It’s so young, it runs
Won’t stop til it’s over
Won’t stop to you surrender

Advertisements

40 thoughts on “Karena… Cinta dan keinginan untuk memiliki tidaklah sama

  1. andalusia NP

    hihihi Anty adeuuuh prikitiw 😀

    suka jd inget lagu nica costa yg “first love” ada yg berbunyi : why love is so unfair?
    padahal…cinta itu adil, manusianya yg ga adil.

    karena itu aku pribadi dulu waktu ngerasa suatu perasaan sama seseorang, lebih memilih menyimpan sndirian dengan berteman baik dngnya, membiarkan takdir yang membawa perjalanan perasaan itu mencapai endingnya. KArena ku tahu sbg manusia, aku blm bisalah adil. *nyambung ga sih aku ngomong?* 😀

    Reply
  2. M. Izriadi Abdullah

    karena itulah muncul sebuah quote begini: Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dengan (beberapa) orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, dan akhirnya kita mengerti serta berterima kasih atas kejadian itu.

    dan tidak semua hal yang kita impikan akan terwujud di dunia ini, adakala nya dia akan berubah sesuai dengan kehendak-Nya, oleh karenanya kita pun harus menerima semua itu dengan penuh keikhlasan akan Takdir yang telah ditetapkan….

    Reply
  3. Cinderellanty Chan

    dudududududu andaaaa…. betul2 inget lagu itu,… nika costa 😀

    he ehm… let destiny brings us… halah tapi kan kudu usaha 😀 klo usahanya mentok yaaah berarti gt deehh… *jawab ndiri ya nda :p*

    Reply
  4. Nina Agustina

    Faham ty..^_______^

    Dan akhirnya kau dihadapkan pada sebuah pilihan itu..mencintai atau memiliki..???
    Ada pribahasa..”Mencintai tak harus memiliki..”
    dalam tulisan lain..”Mencintai berarti memiliki..”

    Nah lho?? yang mana yang akan di jadikan madzhab..;))

    =====================================================================================

    MARI BERSAMA RUMAH ZAKAT
    MERANGKAI SENYUM INDONESIA…

    *iklan mode on..;))

    Reply
  5. akarmembiru akarmembiru

    ngomong “pasti”-nya yakin bgt ty.
    beneran kan ya? kalo iya, aku ikut mazhab ini deh.
    biasanya ngikut helen sparingga:
    “ibarat tangkai aku telah patah, ibarat gurun aku tandus, ibarat sungai aku kering.”

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s