Sarapan Sehat ala Anty

Rating: ★★★★★
Category: Other

Beberapa waktu lalu, baca artikel tentang saat terbaik mengkonsumsi buah, yakni sebelum makan berat. OK i note it.
Kebanyakan orang Indonesia terbiasa memakan buah-buahan setelah makan nasi, ternyata pola ini kurang baik. Makan buah dulu baru makan berat (klo gak salah jedanya 30 menit – satu jam).
Dari informasi lain yang kubaca (entah sumber yang mana, lupa) ahli gizi dan kimia makanan mengatakan bahwa Buah sebaiknya dikonsumsi lebih dahulu agar mikronutrisi dari buah masuk duluan.

Sebelumnya… Pas bangun tidur, berusaha minum air putih 2 gelas yang akan melancarkan metabolisme kita.

Teruus…
Aku suka honey (pure honey from bee ya). Kebiasaanku setiap pagi adalah minum madu yang di-shake air hangat (NO HOT WATER) *atas saran sera* karena madu yang sudah di shake lembut dengan air hangat lebih mudah dicerna dalam sistem digestive kita, dilanjutkan dengan sarapan buah. Biasanya kami makan buah kelengkeng /pisang, jadi pagi-pagi itu gak kosong banget laah… Entah kenapa, suka aja 😀

Abis itu…
Setelah sampe kantor, aku minum susu untuk menetralisir racun-racun yang menempel di tubuh akbibat polusi udara, asap rokok, asap kendaraan, dll

NOTE: Jangan makan buah yang asam e.g jeruk dan susu di saat yang bersamaan / berdekatan (kasih jeda sekitar 1 jam).

Keterangan:
Dalam satu jam sebelum dan sesudah minum susu, tidak cocok makan jeruk. Sebab protein di dalam susu jika bertemu dengan tartaric acid yang terkandung dalam jeruk, akan mengeras, dengan demikian akan mempengaruhi daya serap dan daya cerna terhadap susu, pada saat yang sama juga tidak cocok mengonsumsi jenis buah-buahan lain yang asam.
(Sumber => http://martracho.wordpress.com/2009/06/08/5-pantangan-susu/)

Naah tadi ceritanya aku gugling dengan key words: sarapan, sehat dan buah

Tadaaaaa….
Muncullah beberapa hasil temuan google dan yang terbanyak adalah PISANG. Wow.

Subhanallaah
Pisang! Why?
Here’s the article i found…


****
Pisang untuk Sarapan, Sehat Luar dan Dalam

KOMPAS.com – Siapa sangka, dalam buah pisang yang begitu banyak ditemui di negara kita terkandung begitu banyak manfaat yang tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan jiwa.

Buah pisang mengandung banyak energi, vitamin, dan enzim, seperti sukrosa, glukosa, dan laktosa. Pisang juga memiliki kandungan yang bisa membantu penyembuhan yang direkomendasikan untuk merawat penyakit kardiovaskular dan artritis, untuk normalisasi fungsi sistem saraf. Kandungan yang ada di dalam pisang juga bisa mendorong produksi serotonin, hormon kebahagiaan, yang berfungsi meningkatkan mood dan memberi rasa sehat dan ketenangan.

Sebuah studi yang pernah dilakukan di Argentina meminta para responden wanita untuk memulai hari mereka dengan makan pisang. Dalam tiga bulan, para partisipan melaporkan adanya pengurangan berat badan, meski mereka tidak mencoba mengurangi asupan makanan. Ditemukan, bahwa sarapan dengan pisang membantu kelancaran pencernaan dan sistem kardiovaskular, yang melindungi tubuh wanita dari stres. Buah ini mengandung banyak nutrisi, seperti asam folat, magnesium, vitamin A, vitamin C, dan potasium.

Editor: Nadia Felicia

Sumber: geniusbeauty

****

>>>Tapi menurutku, pisang hanyalah salah satu dari sekian buah yang sehat dan kaya nutrisi, kita bisa variasikan sarapan pagi pake buah yang lain ^_~.

Mari hidup sehat demi hidup yang lebih baik ^__^

Rasulullah Saw. bersabda, “Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah Swt. daripada orang mukmin yang lemah. Pada masing-masing memang terdapat kebaikan. Capailah dengan sungguh-sungguh apa yang berguna bagimu, mohonlah pertolongan kepada Allah dan janganlah kamu menjadi orang yang lemah. Apabila kamu tertimpa suatu kemalangan, maka janganlah kamu mengatakan, ‘Seandainya tadi saya berbuat begini dan begitu, niscaya tidak akan menjadi begini dan begitu.’ Tetapi katakanlah, ‘lni sudah takdir Allah dan apa yang dikehendaki-Nya pasti akan dilaksanakan-Nya.’ Karena sesungguhnya ungkapan kata ‘law’ (seandainya) akan membukakan jalan bagi godaan setan.’” (HR. Muslim, Ibnu Majah dan Imam Ahmad)

Kalo ringkasnya gini…
– Bangun tidur minum 2 gelas air putih
– Pagi-pagi sekitar jam 06.00 minum air madu yang di shake
– Beberapa menit kemudian makan buah (salah satunya pisang)
– 1 jam setelahnya boleh sarapan dengan makan berat atau tidak juga tidak masalah
– Sampai kantor, minum susu (kalau diperlukan)

Wallaahua’lam

^_* Selamat mencoba.

Advertisements

17 thoughts on “Sarapan Sehat ala Anty

  1. tintin syamsuddin

    ku biasa sarapan buah kog nti, ini makan dipisah karbo dan protein namanya food combining..

    soal susu plus jeruk, ga manis rapopo.. soal makan buah seblom makan sehat tergantung kebiasaan.. semua org unik kog kebiasaannya.. soal makan sehat semua pakar saling timpang tindih, tapi mereka sepakat makan itu seimbang dan minimalis mengolahnya, artinya ga byk bumbu dan ga lama dimasak.

    Reply
  2. Heri Hito

    dulu nangkepnya sih kl pagi ga boleh makan buah dulu jadi malah menghindar sarapan buah
    kalau Pisang emang buah yg kusuka (pernah baca kl vit C nya tinggi melebihi jeruk?)
    yg sering kl batuk obatku ya pisang atau roti tawar, alasannya begitu dikepel2 dimulut ditelen, maka dinding2 tenggorokan yg gatal disapu kepelan tadi (tip asal, tapi berbuah manis :))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s