Hordeolum / Chalazion & Sunglass Cinta

3 Tahun yang lalu, masa-masa terakhir ngampus…
Mataku divonis mengidap calazion/ hordeolum oleh dokter mata di Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung. Semacam pembengkakan di daerah kelopak mata (bukan bintil, really bengkak dan tidak sembuh dengan sendirinya) yang menyebabkan aku harus berulang kali menjalani operasi insisi saat hordeolum / calazion-ku kambuh.

Operasi insisi
ini dilakukan dengan bius lokal, bius yang hanya diberikan pada daerah sekitar mata dan hanya bertahan dalam hitungan menit, setelah itu operasi berjalan dengan keadaan pasien sesadar-sadarnya , sehingga aku tahu bagaimana kelopak mataku -kiri-kanan-atas-bawah- diubek-ubek, sakit sekali sampai ulu hati. i mean it. Tidak sampai disitu, aku harus bed rest selama kurang lebih 3hari sampai 1 minggu karena kedua mataku diperban dan harus selalu mengganti perban 3x sehari, mengolesinya dengan salep dan minum obat. Pokoknya… SAKIT. (Aku gak foto saat itu, boro-boro kepikiran)

Semenjak operasi ketiga saat penyakitku itu kambuh lagi, aku tahu bahwa penyakit itu akan selalu kambuh saat debu, polusi, minyak menggangu daerah sekitar mata, juga saat kadar MSG, pengawet, protein tinggi masuk dalam pencernaanku, jadi jika kelopka mata sudah terasa sedikit bengkak, aku harus mengatur lebih baik pola makanku.

Setelah tanya sana-sini aku tahu bahwa penyakit ini bisa diredakan secara perlahan oleh kompresan air hangat, air sirih hangat, nasi hangat, atau madu yang dioleskan ke pori-pori mata (tempat tumbuhnya bulu mata). Meski tidak sembuh seketika dan lebih lama penyembuhannya, trust me cara ini jauh lebih baik dari pada Operasi Insisi.

Beberapa minggu pasca nikah, suami akhirnya tahu juga. I have such an allergic eyelid.

Hingga suatu sore di Matraman, suami menjemput dan menyodorkan sebuah bungkusan kecil berisi Sun glass untuk menyelamatkan mataku ketika kami berkendaraan dengan motor.

Oh Dear… Aku terharu, perhatian sekali. Maka nikmat Tuhanmu yang mana kah yang kamu dustakan?

Jazakallah khayyr ya Hubby Shaleh dan baik Hati… Makasih banyak.

Dasar Anty yah, gak tau terima kasih, kebiasaan buruk belom hilang juga, udah dikasih kaca mata eeeeh malah teledor, gak tau naro dimana kacamatanya, sampai sekarang belum ditemukan lagi sun glassnya. ๐Ÿ˜ฆ

*Jedot2in jidat ke meja*
Maaf ya Beib…

Buat teman-teman yang mengalami penyakit sepertiku, aku tidak menyarankan kalian untuk menjalani operasi insisi tersebut jika calazion / hordeolumnya tidak benar-benar parah (mengeluarkan nanah, darah dan membengkak hingga kulit luar), lebih baik diobati dengan cara yang lebih alami dan tradisional.

Mari hidup sehat!

Advertisements

78 thoughts on “Hordeolum / Chalazion & Sunglass Cinta

  1. Sarah Utami

    Percaya banget deh sama alergi-alergian secara suamiku alergi. Anak2ku juga alergi. Ngatur makan penting bgt. Anty anakku ampe pantang makan hampir semua jenis makanan. Tapi faktanya, memang makanan tertentu memicu daya tahan tubuh anakku jadi melemah. Oh sori ya, jadi curhat.

    Reply
  2. Sarah Utami

    Mau tau yang dipantangin buat anakku :ayam, telur ayam, hati ayam, ikan laut, kecap, coklat, keju, susu sapi, eskrim, permen, jeruk, tomat, dll. Yang boleh hanya tahu, tempe, daging sapi.

    Reply
  3. Kristin Halim

    Mbak Anty..aku juga pernah ngerasain nih yang namanya operasi mata..waktu itu ada bisul di dalam eyelid..cuma sutik mati rasa tapi bisa liat seluruh proses huaaa nga enak buangeetttttt…..

    mari Mbak hidup sehat…moga2 baik2 terus ya mata-nya Mbak Anty, kacamata-nya kereeennn moga2 cepet ketemu kacamata-nya

    Reply
  4. Dwi Nur Hidayati

    dulu adek sepupuku jd gt ant…dia dioperasi..
    alhmdulillah skrng kayae udah smbuh,tp g tau klo bisa kumat lagi.

    nah, setelah adek sepupu,,mataku jg sempat gt..kaya “ada timbil” yg ga sembuh2..
    tp ga sakit,,biasa aja.
    tapi g smbuh2, akhirnya terapi sndiri.^^
    daun sirih direbus,,airnya buat berenang mata^^,
    bunga melati direndam air hangat,,buat renang mata jg^^
    trus pake salep sakit mata jg ^^
    lama2 ilang deh.

    Reply
  5. yuni nisa

    InsyaAllah alerginya sembuh ya Anty.

    Keren euy pakai kaca mata hitam ( dicariiiiiii ampe ketemu …)

    Hmmm kalau aku alerginya kulit yang gatal2, timbul bentol super gatal gara-gara cuaca dingin atau debu. ( Tapi Alhamdulillah, uda jarang kambuh )—- curcol ^__^

    Reply
  6. Cinderellanty Chan

    aamiin
    seperti yang kak yuni ceritain di walimahnya dia pas makan lengkeng wkwkwkwk
    :p
    makasih ya kak…
    waaah jadi inget temenku, kek alergimu kak… jadi bentol2 gedeeee banget yaaah…
    hamdulillah ^_^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s