This is about your Personal Quality & Skill NOT your institution background



Suatu hari di sebuah aula, berkumpullah para profesional dan ahli dari berbagai kampus terbaik di negeri ini.
Hmmm mereka adalah orang-orang cerdas, setidaknya itulah asumsi cetekku.


Hari itu, mereka menghadiri acara yang akan diisi oleh seorang pembicara professional, Ibu X namanya.
Seisi ruangan tampak sangat antusias ketika sang host memulai acara, hingga sampai pada sesi utama, saat pembicara memaparkan presentasi, sang host terlebih dahulu membacakan CV ibu X tersebutlah histori akademis Ibu X, hadirin tampak kecewa karena sang pengisi materi bukan berasal dari salah satu kampus hebat mereka, atau kampus luar negeri. Oo Dear…


Aku sempat merasakan aura-aura penolakan dan bisik-bisik dari para hadirin, meski tidak semua begitu tapi kebanyakan demikian.
Acara terus berlangsung, aku tidak tahu apakah Ibu X menyadari hal ini atau tidak. Aku berharap semoga tidak.

Mulailah Ibu X mengisi acara, pada awalnya para hadirin kelihatan biasa saja, lama-lama Ibu X menjelaskan dengan sangat amat cerdas, elegan, pintar dan memukau. Sungguh, semua hadirin, termasuk aku terhipnotis dengan paparannya itu. Detil dari A-Z. Pemaparan yang cerdas, membuat semua orang paham dan tercerahkan atas ilmu yang baru saja ia sampaikan.

Dari salah satu paparannya ia menjelaskan berbagai hal dengan begitu expert karena banyak pengalaman yang telah ia tempuh, ilmunya terus berkembang dengan hebat. Tidak hanya untuk dirinya, tapi untuk orang disekitarnya. Tidak hanya ia dapatkan dari bangku kuliahnya, tapi dari penelitian-penelitiannya bertahun-tahun dan dari semangatnya untuk mempelajari bidangnya hingga ia menjadi seorang expert seperti sekarang.

Dari sana, para hadirin mulai manggut-manggut tanda mengerti dan menerima bahwa hari itu mereka diberikan ilmu oleh seseorang yang bukan berasal dari kampus negeri terkenal, tapi oleh seorang yang berasal dari kampus biasa saja.
Seseorang yang lebih cerdas dan hebat beberapa tingkat dari mereka. Ck.. Ck..


Sebuah pelajaran otak dan hati.
Otak mereka tercerahkan oleh ilmu yang diberikan Ibu X dan hati mereka terbersihkan dari rasa ghurur dan sombong atas kehebatan background kampus mereka.
What a lesson.

Ah ya, cara pandang kita dan cara menilai kita terhadap seseorang tidak boleh sepicik ini. Ilmu bisa didapatkan dari siapa saja.

Bisa jadi dia bukan berasal dari kampus terkenal karena memang takdir membawanya demikian. Keindahan mutiara tidak akan pupus pesonanya hanya karena almamater semata, mutiara tetaplah mutiara, dimanapun ia berada, tetap akan bersinar.
Ia mungkin bukan dari kampus hebat, tapi ia adalah seseorang yang hebat di kampusnya, dalam hidupnya dan untuk orang-orang disekitarnya.
Atau bisa jadi ia berasal dari kampus yang hebat, tapi belum tentu ia seorang yang hebat di kampus dan hidupnya. This is about choice to be how and what you are.

Orang cerdas dari manapun berasal bakal tetep cerdas selama dia menggunakan akal, hati dan raganya menuju tempat yang berkualitas.



Beberapa waktu yang lalu, aku meminjam beberapa DVD movie dari Neneng Anda, salah satu sahabat baikku.
Salah satunya adalah The King’s Speech, di film itu… Tersebutlah seorang Lionel Logue yang berhasil membantu seorang raja Inggris King George VI dalam masalah bicara (baca: gagap).
Lionel bukan seorang dokter, tidak juga memiliki degree dalam kesehatan pendengaran dan terapi wicara, akan tetapi ia memiliki kapabilitas dan skill untuk melakukan terapi pada pasien yang memiliki gangguan bicara seperti King George VI karena pengalamannya menyembuhkan masalah wicara pada veteran dan korban perang, hingga dari sekian banyak dokter yang menangani masalah wicara King George VI, Lionel lah yang berhasil menjadi terapis sekaligus sahabat baik seumur hidup sang raja. ^__^

So… Never ever look underestimate everyone!
Respect every people, like you want to be respected.

Because The matter is about your Personal Quality & Skill NOT your institution background

Advertisements

33 thoughts on “This is about your Personal Quality & Skill NOT your institution background

  1. Iwan Yuliyanto

    Ibu X itu pasti praktisi yang sudah mempunyai jam terbang tinggi.
    Dan semestinya si host itu memberikan EDIFIKASI yang sangat baik tentang ibu X kepada audiens, sehingga audiens menerima dan memperhatikan materinya dg seksama sejak dari awal sampai akhir.

    Ya.. saya pun sepakat dengan 2 kalimat terakhir, mbak Anty.

    Reply
  2. andalusia NP

    ayo anty, nih di kosan udah banyak lagi dvd-dvd keren, ayo berburrrrrruuuu hehehe

    Yep, bukan institusi yang akan menentukan kualitas seseorang. Walau terkadang mau tidak mau institusi yang menaungi membawa kepercayaan diri pada seseorang, sehingga dia tampil penuh percaya diri.
    Banyak mahasiswaku merasa minder jika bertemu mahasiswa lain yang berasal dari kamu tahulah di Bandung siapa yang paling keren hehe, aku selalu menyemangati mereka dengan “justru jangan minder, curilah ilmu mereka sebanyak-banyaknya”. Itu juga yang kulakukan waktu S1 dulu untuk memacu percaya diri.

    suka sekali, kamu bisa mengapresiasi film Kings Speech ini dari sudut pandang lain yang berbeda…^_^

    Reply
  3. Cinderellanty Chan

    aaaahhh maen lagi aaaah πŸ˜›
    minjem lagi yah neng hahahaaa πŸ˜›

    iyah…neng… ambil yang baik2 dari mereka hehehe dan kita harus bisa menjadi lebih bernilai dengan kekurangan kita…

    πŸ˜‰ thq for lending them to me ya neeeng
    selera film mu keren2 deeeeh ^^b

    Reply
  4. Insan Dhoif

    Yup….spakat ! Contoh realnya saya. Meski saya lulusan UI, tapi personal quality sy masih sangat jauh dr kualitas yg baik. Jadi suka malu sendiri, lulusan UI kok kayak gini (nunjuk ke diri sendiri)….=)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s