Tumis Cumi Hitam

Description:
Senin kemarin iseng-iseng belanja beli ini itu termasuk cumi basah
ehmmm belum kepikiran ni cumi mau diapain

Aha!!
Gugel… keyword cumi tumis, dapet berbagai resep
rata-rata sih sama cara masaknya, abis gitu mikiirrr diapain yaaa
berkreasi deeeh…

Qiqiqiqiqi
Berikut Tumis Cumi Hitam ala Chef Anty


Ingredients:
Cumi-cumi segar sekitar 1 ons (bener gak ya? pokoknya aku beli 10 ribu aja wkwkwkwkwkw)
Jeruk nipis 3 butir
Bawang merah 6 butir diiris2
bawang putih 4 butir diiris2
2 buah tomat potong dadu /kotak besar *halah bahasa apa ini*
3 buah mentimun dipotong2 bulet
1 buah Jahe putih / seperempat jahe merah dipotong dan digeprek
daun salam 1-2 lembar
sereh
1 buah lengkuas potong dan digeprek
1 buah kunir (apa sih bahasa yang benernya? kunyit, kunir, kuning ato apa?) diparut
garam secukupnya
merica secukupnya
madu 3 sendok makan (pengganti gula, agar lebih sehat ^__^)

Directions:
Cara Masak
Cuci cumi sampai bersih tanpa membuang tinta hitamnyaa dan tanpa dipotong2 (ukuran cumi sedang/kecil)
lalu rendam dengan air jeruk nipis dan garam selama 20 menit
tumis goreng (boleh pake minyak kelapa, margarin, prefer pake OO a.k.a Olive Oil a.k.a minyak zaitun) semua bumbu-bumbu, bawang merah, bawang putih, jah, kunir, sereh, daun salam sampai sedikit berubah warna dan harum…
Masukkan cumi sampai keluar tintanyaa hiiiii 😀
hingga ngegelotok tuuh *wuakakakak ancuuuurr bahasanyaa*
masukkan garam, madu dan merica, aduk sampai merata…
masukkan tomat yang sudah dipotong2…


Sajikan dipiring bersama mentimun yang sudah dipotong2 bulet dan Nasi hangaat
Selamat berkreasi… untuk keluarga
Selesaaiii
Nikmaaaat bangeeedd 😀 sayang aku gak poto, gak ada kamera, kamera hape engga bangeeeddd

Advertisements

35 thoughts on “Tumis Cumi Hitam

  1. Dewi Firyani

    Pan teteh mah hoyong anu harideung tea geuning..duuhhh meni nikmat pisaaannn…sambil ngelemotan jari2 panangan anu hideung..piraku atuh jari sampeyan nya…heu..heu..heu..
    Tapi resepnya teteh mah benten.

    Reply
  2. Katerina *

    Kesukaan kakak nih dek cumi-cumi.
    Digoreng tepung dan dimasak sapo biasanya. Kalau sedang ingin yg pedas, ya dimasak dgn cara seperti dek Anty, tapi dgn kreasi cabe yg banyak. Jadi laper pengen makan pake cumi 🙂

    Reply
  3. Ayudhia Indah Pratiwi ^^

    wah krasi baru anty nih ^^, sip2. percaya tiwi mah percaya anty dah masak ini hehe.

    btw, klo cumi basah suami ane paling suka dimasak cabe hijau. yg gampang2 aja. cm bawang merah, bawang putih, cabe hijau deh 😀 , tambah kunyit dikit aja. jadi hehehe.

    oya, klo cumi itu bagusnya memang tintanya jgn dibuang an . dan lebih enak menurutku klo tintanya ga dibuang 😀

    Reply
  4. Luqman Hakim

    Anti rasis!
    Kenapa sih setiyap yang berkulit hitam itu harus dimusuhi, diberangus, bahkan dimasak sampe ditumis segala?
    Nggak bener nih, bukannya Islam itu ngajarin perbedaan warna kulit bukan jaminan melainkan ketaqwaannya?

    Parah! Anty bener-bener parah!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s