C.A.N.D.I.L | Biji Salak


Description:
Sebentar lagi ramadhan kan yaaa?
Salah satu ta’jil favoritku adalaaaah CANDIL! Tanpa Seurius yeeea

Ternyata mudah looh buatnyaaaa
Dikasih tau mommy caranya
Begini yah teman-temaaaaan resepnyaaa *sok chef* wkwkwkwkwkwkw

Ingredients:
– Ubi manis (apa namanya sih bookk??) Ubi jalar yah? *dodoool*
– 1/2 kg Tepung tapioka
– 1/4 kg gula merah (sesuai selera)
– 2 lembar daun pandan
–Β  Jahe secukupnya
– Santan (umumnya sih gitu, kalo gak suka ya jangan dipake )
– Air sedikit

Directions:

1. Ubi nya dicuci bersih, direbus sampe empuk

2. Habis ituu… langsung ditumbuk sampe hancuuur, kenapa harus langsung? mumpung masih panas ditumbuk dan lalu diolah (dicampur sama tepung tapioka biar kalis) kalau terlalu pekat tambahkan sedikit air, sedikiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiittt aja, tapi kalao udah kalis gak usah pake air

3. Terus…Β  dibentuk bulet-bulet ato elipsΒ 

4. Sementara masih ngebentuk candilnya… Kita panaskan air, masukkan gula merah sampai mendidih..

5. Setelah selesai ngebentuk candilnya, kita panaskan air sampai mendidih, masukkan candilnya ke dalam air sampai pada mengambang dan merekah πŸ˜€

6. Setelah candil terlihat matang, gula merah yang tadi sudah mendidih, kita tuangkan ke rebusan candil (gula merahnya sebaiknya disaring)

7. Aduk-aduk, masukkin pandan dan jahe (yang sudah digeprek) sampai mendidih dan matang
8. Kalau ingin memakai santan, parut kelapa peras airnya dan panaskan (tambahkan sedikit garam) sampai mendidih
9. Siap dihidangkan ^___^

Selamat mencoba

Advertisements

22 thoughts on “C.A.N.D.I.L | Biji Salak

  1. Katerina *

    Oh baik kalo gitu di ulek ya. Kakak mau nyoba juga. Kelihatannya mudah. Kebetulan memang suka sama Candil.
    Terima kasih Anty, jadi terinspirasi mau bikin juga. Nanti kalau jadi kakak fotoin ya.

    Reply
  2. tintin syamsuddin

    ini mah biji salak juga namanya.. ku kalu bikin kasih garam dikit, biar gurih.. dan kayu manis juga cengkeh..
    bikin santan ga pernah ku masak lama loh.. saring dengan air matang.. peres, dan panasin jangan sampe mendidih.. gitu aja, jadi santannya gurih ga pecahpecah..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s