Category Archives: kesehatan

(Kesehatan) Beginilah Cara Minum Rasulullah

Masih tentang minum…

Para ibu muslimah yang semoga dirahmati oleh Allah, mendidik anak adalah salah satu tugas mulia seorang ibu. Ketika kita berusaha untuk mendidik anak kita sebaik mungkin dan dengan mengharapkan ridha Allah, maka usaha kita tersebut dapat berbuah pahala. Bagaimana tidak, bukankah membina anak agar menjadi generasi yang sholih dan sholihah adalah salah satu bentuk jihadnya para ibu?

Salah satu bentuk pengajaran kepada si kecil adalah mengajarinya tentang adab dan akhlak mulia dalam Islam. Karena bagaimanapun, seorang ibu memiliki peran yang sangat besar dalam pembentukan pribadi anak. Jika sang ibu berakhlak baik maka si kecil pun akan meniru ibunya karena biasanya waktu anak lebih banyak bersama ibunya. Diantara adab yang semestinya kita ajarkan kepada si kecil adalah adab ketika minum.

Inilah Adab Minum Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam
Aktivitas minum merupakan aktivitas yang lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Sehingga hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk memberikan pengajaran bagi anak-anak kita dan melatihnya agar terbiasa minum sesuai dengan tauladan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beberapa adab minum yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam antara lain:

   1. Meniatkan minum untuk dapat beribadah kepada Allah agar bernilai pahala. Segala perkara yang mubah dapat bernilai pahala jika disertai dengan niat untuk beribadah. Wahai ibu, maka niatkanlah aktivitas minum kita dengan niat agar dapat beribadah kepada Allah. Dan janganlah lupa memberitahukan anak tentang hal ini.

   2. Memulai minum dengan membaca basmallah. Diantara sunnah Nabi adalah mengucapkan basmallah sebelum minum. Hal ini berdasarkan hadits yang memerintahkan membaca ‘bismillah’ sebelum makan. Bacaan bismillah yang sesuai dengan sunnah adalah cukup dengan bismillah tanpa tambahan ar-Rahman dan ar-Rahim.

      Dari Amr bin Abi Salamah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai anakku, jika engkau hendak makan ucapkanlah bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang berada di dekatmu.” (HR Thabrani dalam Mu’jam Kabir)

      Dalam silsilah hadits shahihah, 1/611 Syaikh al-Albani mengatakan, “Sanad hadits ini shahih menurut persyaratan Imam Bukhari dan Imam Muslim)Wahai ibu, jangan lupa untuk mengingatkan anak-anak kita untuk membaca ‘bismillah’ ketika hendak minum, agar setan tidak ikut serta menikmati makanan dan minuman yang sedang kita konsumsi.

   3. Minum dengan tangan kanan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Jika salah seorang dari kalian hendak makan, hendaklah makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaklah minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).
Ajarkanlah pada si kecil untuk selalu menggunakan tangan kanan ketika makan dan minum. Seringkali si kecil lupa meskipun telah kita ajari, apalagi ketika menyantap makanan ringan (snack) bersama teman mainnya. Nah, saat kita melihatnya, ingatkanlah ia. Janganlah bosan dan merasa jemu untuk mengingatkan anak kita. Insyaa Allah jika kita melakukannya dengan ikhlas mengharap ridha Allah, Allah akan mengganti usaha kita tersebut dengan pahala.

   4. Tidak bernafas dan meniup air minum. Termasuk adab ketika minum adalah tidak bernafas dan meniup air minum. Ada beberapa hadits mengenai hal ini:Dari Abu Qatadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kalian minum maka janganlah bernafas dalam wadah air minumnya.” (HR. Bukhari no. 5630 dan Muslim no. 263)

      Dari Ibnu Abbas, “Sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang untuk bernafas atau meniup wadah air minum.” (HR. Turmudzi no. 1888 dan Abu Dawud no. 3728, hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani). Dalam Syarah Shahih Muslim, Imam Nawawi mengatakan, “Larangan bernafas dalam wadah air minum adalah termasuk etika karena dikhawatirkan hal tersebut mengotori air minum atau menimbulkan bau yang tidak enak atau dikhawatirkan ada sesuatu dari mulut dan hidung yang jatuh ke dalamnya dan hal-hal semacam itu.

      Dalam Zaadul Maad IV/325 Imam Ibnul Qayyim mengatakan, “Terdapat larangan meniup minuman karena hal itu menimbulkan bau yang tidak enak yang berasal dari mulut. Bau tidak enak ini bisa menyebabkan orang tidak mau meminumnya lebih-lebih jika orang yang meniup tadi bau mulutnya sedang berubah. Ringkasnya hal ini disebabkan nafas orang yang meniup itu akan bercampur dengan minuman. Oleh karena itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dua hal sekaligus yaitu mengambil nafas dalam wadah air minum dan meniupinya.

   5. Bernafas tiga kali ketika minum. Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan, “Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam minum beliau mengambil nafas di luar wadah air minum sebanyak tiga kali.” Dan beliau bersabda, “Hal itu lebih segar, lebih enak dan lebih nikmat.”

      Anas mengatakan, “Oleh karena itu ketika aku minum, aku bernafas tiga kali.” (HR. Bukhari no. 45631 dan Muslim no. 2028). Yang dimaksud bernafas tiga kali dalam hadits di atas adalah bernafas di luar wadah air minum dengan menjauhkan wadah tersebut dari mulut terlebih dahulu, karena bernafas dalam wadah air minum adalah satu hal yang terlarang sebagaimana penjelasan di atas.

   6. Larangan minum langsung dari mulut teko/ceret. Dari Abu Hurairah, beliau berkata, “Rasulullah melarang minum langsung dari mulut qirbah (wadah air yang terbuat dari kulit) atau wadah air minum yang lainnya.” (HR Bukhari no. 5627).

      Menurut sebagian ulama minum langsung dari mulut teko hukumnya adalah haram, namun mayoritas ulama mengatakan hukumnya makruh. Ketahuilah wahai para ibu muslimah, yang sesuai dengan adab islami adalah menuangkan air tersebut ke dalam gelas kemudian baru meminumnya.Dari Kabsyah al-Anshariyyah, beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam masuk ke dalam rumahku lalu beliau minum dari mulut qirbah yang digantungkan sambil berdiri. Aku lantas menuju qirbah tersebut dan memutus mulut qirbah itu.” (HR. Turmudzi no. 1892, Ibnu Majah no. 3423 dan dishahihkan oleh Al-Albani)

      Hadits ini menunjukkan bolehnya minum dari mulut wadah air. Untuk mengkompromikan dengan hadits-hadits yang melarang, al-Hafidz Ibnu Hajar al-Atsqalani mengatakan, “Hadits yang menunjukkan bolehnya minum dari mulut wadah air itu berlaku dalam kondisi terpaksa.” Mengompromikan dua jenis hadits yang nampak bertentangan itu lebih baik daripada menyatakan bahwa salah satunya itu mansukh (tidak berlaku).”(Fathul Baari, X/94)

   7. Minum dengan posisi duduk. Terdapat hadits yang melarang minum sambil berdiri. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu,

      Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135)

      Namun disamping itu, terdapat pula hadits yang menunjukkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam minum sambil berdiri. Dari Ibnu Abbas beliau mengatakan, “Aku memberikan air zam-zam kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka beliau lantas minum dalam keadaan berdiri.” (HR. Bukhari no. 1637, dan Muslim no. 2027)Dalam hadits yang pertama Rasulullah melarang minum sambil berdiri sedangkan hadits kedua adalah dalil bolehnya minum sambil berdiri. Kedua hadits tersebut adalah shahih. Lalu bagaimana mengkompromikannya?

      Mengenai hadits di atas, ada ulama yang berkesimpulan minum sambil berdiri diperbolehkan, meski yang lebih utama adalah minum sambil duduk. Diantara ulama tersebut adalah Imam Nawawi dan Syaikh Utsaimin. Meskipun minum sambil berdiri diperbolehkan, namun yang lebih utama adalah sambil duduk karena makan dan minum sambil duduk adalah kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Minum sambil berdiri tidaklah haram akan tetapi melakukan hal yang kurang utama.

   8. Menutup bejana air pada malam hari. Biasakan diri kita untuk menutup bejana air pada malam hari dan jangan lupa mengajarkan anak kita tentang hal ini. Sebagaimana hadits dari Jabir bin Abdillah, ia berkata, aku mendengar Rasulullah bersabda,

      “Tutuplah bejana-bejana dan wadah air. Karena dalam satu tahun ada satu malam, ketika ituturun wabah, tidaklah ia melewati bejana-bejana yang tidak tertutup, ataupun wadah air yang tidak diikat melainkan akan turun padanya bibit penyakit.” (HR. Muslim)

   9. Puas dengan minuman yang ada dan tidak mencelanya.
      Ajarkan pula kepada anak, bahwa kita tidak boleh mencela makanan walaupun kita tidak menyukainya.

Para ibu muslimah, itulah beberapa adab ketika minum sesuai kebiasaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Alangkah senangnya hati ini ketika kita melihat anak-anak kita meniru kebiasaan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan membiasakan adab islami kepada anak semenjak kecil, Insya Allah saat dewasa kelak anak-anak akan lebih mudah untuk melaksanakan adab-adab dalam islam dalam kesehariannya, karena ia sudah terbiasa. Maka janganlah bosan untuk mengingatkan si kecil. Semoga Allah membalas usaha kita dengan pahala yang berlipat ganda. Amiin.

Disusun ulang dari:
Artikel Ustadz Aris Munandar tentang “Adab-Adab Makan Seorang Muslim” di http://www.muslim.or.id
Minhaajul Muslim, Abu Bakar Jabir Al-Jazairi

Artikel muslimah.or.id
Penyusun: Ummu Nafisah
Muroja’ah: Ustadz Nur Kholis bin Kurdian

***

Copas dari sini untuk arsip sendiri

(Kesehatan) CARA MINUM YANG BENAR

Abis copas dari tetangga sebelah, semoga bermanfaat.

CARA MINUM YANG BENAR:

Dalam suatu kajian kesehatan akupuntur yang diadakan salah satu ahli akupuntur. Ini dibuktikan dari segi kesehatan.
Air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer… Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos- pos penyaringan yang berada di ginjal….

Nah Jika kita minum berdiri, Air yang kita minum tanpa disaring lagi.
Langsung menuju kandung kemih… Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan disaluran ureter..

=> Dari sini, Anty semakin kagum sama Dien Islam yang syaamiil mutakamil ini…
Di Islam dijelaskan bagaimana adab makan dan minum seorang muslim yakni DUDUK (meskipun bukan kewajiban dan tetap diperbolehkan berdiri jika terpaksa atau dalam keadaan genting, BUKAN mengharamkan).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian minum sambil berdiri. Barang siapa lupa sehingga minum sambil berdiri, maka hendaklah ia berusaha untuk memuntahkannya.” (HR. Ahmad no 8135)

Subhaanallaah.

Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter. Inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal.

Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya.. Susah kencing itu penyebabnya..

Cara mengatasinya :
1. biasakan minum duduk.
2. banyak minum air putih.

Sekarang, apakah kita masih mau minum berdiri?

KEKENTALAN DARAH DALAM TUBUH, MENGAPA TERJADI ???

Ada satu pertanyaan yang sering kita dengar ??? yaitu

“Mengapa harus minum air putih banyak-banyak. .?”
Well, sebenarnya jawabannya cukup “mengerikan” tetapi karena sebuah pertanyaan jujur harus dijawab dengan jujur, maka topik tersebut bisa dijelaskan sbb:

Kira-kira 80% tubuh manusia terdiri dari air.
Malah ada beberapa bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80%. Dua organ paling penting dengan kadar air di atas 80% adalah : Otak dan Darah. !!

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%,
Sementara darah memiliki Komponen air 95%.

Jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Jumlah di atas harus ditambah bila anda seorang perokok.

Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh kita lewat air seni, keringat, pernapasan, dan sekresi.
Apa yang terjadi bila kita mengkonsumsi kurang dari 2 liter sehari…?

Tentu tubuh akan menyeimbangkan diri. Caranya…?
Dengan jalan “menyedot” air dari komponen tubuh sendiri.Dari otak…?

Belum sampai segitunya (wihh…bayangkan otak kering gimana jadinya…), melainkan dari sumber terdekat : Darah. !!

Darah yang disedot airnya akan menjadi kental..
Akibat pengentalan darah ini, maka perjalanannya akan kurang lancar ketimbang yang encer.

Saat melewati ginjal (tempat menyaring racun dari darah)
Ginjal akan bekerja extra keras menyaring darah.
Dan karena saringan dalam ginjal halus, tidak jarang darah yang kental
bisa menyebabkan perobekan pada glomerulus ginjal.

Akibatnya, air seni anda berwarna kemerahan, tanda mulai bocornya saringan ginjal. Bila dibiarkan terus menerus, anda mungkin suatu saat harus menghabiskan 400.000 rupiah seminggu untuk cuci darah

Eh, tadi saya sudah bicara tentang otak ‘ kan …?
Nah saat darah kental mengalir lewat otak, perjalanannya agak terhambat.. Otak tidak lagi “encer”, dan karena sel-sel otak adalah yang paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen,

Lambatnya aliran darah ini bisa menyebabkan sel-sel otak cepat mati atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya..(ya wajarlah namanya juga kurang makan

Bila ini ditambah dengan penyakit jantung (yang juga kerjanya tambah berat bila darah mengental… ),maka serangan stroke bisa lebih lekas datang.

Sekarang tinggal anda pilih: melakukan “investasi” dengan minum sedikitnya 8 gelas sehari- atau- “membayar bunga” lewat sakit ginjal atau stroke.

Anda yang pilih…!!!!!!


http://www.warungsehat.com
…karena nikmat perlu sehat, & sehat perlu tetap hemat.

Yuk Hidup Sehat


CATATAN
eh man teman…. mohon diingat: Air putih ini TIDAK SAMA DENGAN AQUA ato merk2 lainnya, bisa juga air tanah yang dipanaskan lalu ditunggu sampai dingin, jangan sampai kampanye sehat dengan air putih ini menyebabkan kita konsumtif dengan air mineral yang diproduksi para kapitalis yaaa 😉 ato kalo mau, bisa nih pake air MQ ato al ma’soem (buat yang domisilinya di Bandung dan sekitarnya)

Minum Air Putih yang sehat:
1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan siang
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.

Perokok = Pembunuh!

Perokok = Pembunuh
Pembunuh dirinya sendiri
Pembunuh orang yang ada disekitarnya
Pembunuh orang-orang yang dicintainya
Pembunuh udara bersih
Pembunuh lingkungan

Pembunuh! Huuuh

Adakah Perokok yang hanya menghisap rokok di WC sendirian saja? Setiap kali hasrat merokoknya datang?

Akankah Perokok itu bersedia menikmati rokok hanya di ruangan tertutup dan sempit? Dengan asap rokok yang hanya akan dia hisap sendiri?
Bukan di tempat terbuka! Bukan di tempat umum!
Apapun alasannya, Perokok itu  Pembunuh!
Tak peduli siapapun dia!


*Jengah dengan setiap sudut di Ibu kota yang tak mampu kuhindari dari asap para perokok
Arrghhhhh
Taukaaah 75% Bahaya rokok itu kamilah -para perokok pasif- yang menanggungnya
Huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa benciiiiiiiiiiiii
Semoga Allah memberikan petunjuk dan teguran pada kalian!
*Gambar dari Gugel

*deepsigh*

[2] Mahkota Perempuan & kisah paranoidku

Ehmmm ehmmm

Kali ini, aku ingin sedikit berbagi tentang sesuatu yang sangat perempuan, mohon maaf kalau ada kata-kata atau istilah yang mayan vulgar ya… yap aku pengen share tentang sebuah tempat didalam tubuh perempuan.

Setiap perempuan diciptakan untuk menjadi agung dan mulia, buktinya Allah “menaruhnya” didalam diri perempuan, tempat bersemayamnya janin manusia, tempat tinggalnya calon manusia baru sebelum ia lahir ke dunia, lembut, hangat dan kokoh. Menurutku, ia adalah tempat yang agung, sakral dan suci, karena… ia hanya bisa didiami oleh embrio pilihan yang berasal dari 1 sperma pemenang dari sekitar 20 jutaan sperma yang berlomba untuk mencapai sel ovum. Ia adalah tempat bermulanya kehidupan, ia adalah R-A-H-I-M.

Menurut desas desus, kata Rahim berasal dari asma Allah setelah Rahmaan, yakni Rahiim sifat penyayang…  bener ga? well, ga tau juga sih tapi kalau merujuk kosa kata bahasa Indonesia memang ada historikalnyahh… ehmm terlepas dari itu.. kita semua benar-benar menyadari pentingnya tempat ini.

Betapa dalam sebuah pernikahan, setiap pasangan sangat mendambakan kehadiran buah hati untuk melengkapi kebahagiaan mereka, rasanya itu adalah fakta yang sulit dibantah, lebih dari itu, salah satu tujuan menikah adalah untuk melanjutkan keturunan, untuk memenuhi bumi ini dengan generasi penerus harapan keluarga dan ummat ini . Sebelumnya kita sepakati dahulu bahwa titik tekannya adalah bukan pada membebani perempuan atas tanggung jawab sebuah kehamilan, tapi pada esensi dari pentingnya sebuah Rahim.

Ironisnya, saat ini kita disuguhi banyak fakta dan data tentang berbagai penyakit kelamin dan penyakit yang menyerang organ penting ini, kanker cervics lah, myom lah, kista lah, de el el hingga membuat para perempuan yang belum/sudah menikah menjadi paranoid terhadap penyakit-penyakit itu termasuk aku sendiri, seseorang yang belum menikah, yang harus sangat menjaga tempat itu.

Bagi perempuan normal, ada dua kondisi dimana ia akan mendapati dirinya “berdarah” yakni haid (mengalami siklus menstruasi secara teratur setiap bulannya) dan nifas (jika ia melahirkan), alhamdulillaah aku masih termasuk kedalamnya, insya Allah.

 

Naahh herannyaa… Beberapa kali terjadi kondisi dimana aku mendapati diriku “mengeluarkan darah” (berwarna coklat pekat) selain pada kedua kondisi itu… wuidiiihhh deg deg-an sumpah takut kenapa2, takut ada yang ga beres dengannya hiks hiks, lalu aku memutuskan untuk berkonsultasi dengan temanku yang dokter (unfortunately, si Dokter jauuh banget, jadi ga bisa diperiksa gratis). awalnya aku hanya menghubunginya by sms, tapi keknya butuh penjelasan yang lebih spesifik, akhirnya kutelponlah beliau itu, terus dijelaskan oleh Sang Dokter bahwa darah yang keluar selain haid itu istilahnya metroragia dan darah yang keluar ga normal itu bisa jadi: polip, kanker, kelebihan mengkonsumsi hormon estrogen (kemungkinan kebanyakan makan ayam potong), ketidakseimbangan hormon,  stress, kecapekan… Sang Dokter nanya “sakit ga? Gatel ga? Nyeri ga? Kerasa panas ga? bau gak?” terus kujawab “enggak…” naah.. kata temenku itu…aku sebenernya ga apa-apa, cuma kecapekan, ato hormonku lagi bermasalah, “ga usah ke dokter, anty ga apa2 ko, yakinlaahh…” katanya lagi meyakinkanku… setelah konsultasi panjang dengannya, akhirnya Rabu kemarin aku tetap memutuskan untuk mengunjungi Dokter Spesialis Kandungan dan kebidanan (Obstetri dan Gynegcology) dekat tempatku, tujuannya sih biar aku bisa tenang dengan mengetahui bahwa aku baik-baik saja, Rahimku baik-baik saja, penasaran mode on gitu… heghegheg

 

Ke Dokter…

Daftar pasien RS titik-titik secara aku baru pertama kali ke RS tersebut, berikut adalah dialogku dgn petugas RS tersebut:

Aku: berapa Mbak?

Mbaknya: 100ribu Mbak..

Aku: gyaaaaaa… tidaaaaaakkk!! masa mau cek gitu doank kudu bayar cepe siiiggghhh…??? uwekweeeww  (tapi beraninya cuma dalem hati pastinyoo wkwkwwk)  yoweis dah, yang penting aku diperiksa en yakin kalo aku itu sehat, ga papa anty.. ga papa.. menenangkan diri…

Bismillaaahh… dikasih kartu, terus ngantri… yang ngantri bumil semuah dianter suaminyah huhuuwww jangan sampee orang-orang pada nyangka aku hamill ooo tidaaakkk!!!

Nungguu…nungguu… akhirnya giliranku masuk diperiksa oleh Sang Dokter… diceritakanlah keluhan-keluhannya, sampe -maaf- diliatin “bukti” nya yang sengaja aku bawa buat diliatin ke Sang Dokter… lanjuttt ke USG!! Duuu aku di USG!! kek bumil ajah wkwkwkwk buat diliat isi Rahimnya.. aku deg2an banget, pengen liat gimanakah kondisi rahimku itu… ada yang aneh-aneh kah? akhirnya muncullah gambarnya… masih belum ada penjelasan dari Sang Dokter, masih deg-deg-an… katanya Bu Dokter… “itu gambarnya, sehat ko, baik-baik aja” fffiiuuhh… *mengusap kening sendiri* alhamdulillaah dia baik-baik dan sehat-sehat aja, ga ada yang sakit ato ada kelainan-kelainan gitu, yosh!! Senangnya…..

Sang Dokter cuma bilang kalo aku kudu banyak minum air putih,  vitamin,  makan dan minum yang teratur dan sehat, mengkonsumsi sayur, buah, pokoknya makanan en minuman yang sehat-sehat ajah, jangan makan pake vetsin dll, terus pokoknya wejangan-wejangan hidup sehat… ffiiuuhh… alhamdulillaahh,,,, aku keluar ruangan legaaaa banget rasanya… klo aku ga kenapa-napa… heheehe

 

100.000 untuk sekali periksa, uweewww rada gimanaaa gitu hehehehe… tapi worth it laahh… qeqeqeqe

 

Jadi temaan…. mari hidup sehat dan menjaga aset masa depan kita, karena nasib sebuah bangsa adalah tanggung jawab kita.. termasuk kedalamnya  menjaga tempat itu untuk anak-anak kita kelak…

Oiya kelupaan… dulu anty dapet sms dari temen tentang kesehatan wanita, isi smsnya ini:

Pencegahan penyakit pada organ kewanitaan:
=> Sehabis pipis, keringkan dengan tissue (bersihinnya dari atas kebawah, ga pake maju-mundur, karena kuatir ada kuman ato bakteri menempel
=> No free sex, tidak berganti2 pasangan
=> Ganti CD minimal 2 x sehari (usahakan tetap kering, kalau tidak sebaiknya diganti jadi 3 x, CD sudah disetrika agar kuman dan bakteri mati)
=> No Alcohol, No Smoking (kalau kita bukan perokok aktif tapi pasif, usahakanlah agar memakai masker dan jauh-jauhlah dari para perokok)

Wallaahua’lam bish shawaaab… afwan jika banyak kesalahan